Ini Cara Rachmat Gobel Membangun Pertanian di Gorontalo | Liputan 24 Gorontalo
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ini Cara Rachmat Gobel Membangun Pertanian di Gorontalo

Posted by On 6:53 PM

Ini Cara Rachmat Gobel Membangun Pertanian di Gorontalo

Ini Cara Rachmat Gobel Membangun Pertanian di Gorontalo

Mantan Menteri Perdagangan di era Kabinet Kerja ini membangun pusat inovasi agrobisnis di Gorontalo.

Ini Cara Rachmat Gobel Membangun Pertanian di GorontaloistPengusaha Indonesia generasi kedua dari keluarga Gobel pengendali perusahaan Panasonic Gobel Group, yang juga merupakan calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Nasdem, Rachmat Gobel

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Nasdem, Rachmat Gobel berhasil mengubah lahan di Gorontalo, Sulawesi yang sebelumnya dinilai orang lain tidak dapat menghasilkan apapun menjadi lahan yang produktif. Terutama produksi beras dan jag ung.

Hal inilah yang membuat dirinya menerima sejumlah penghargaan dan gelar dari masyarakat, terutama gelar “Ti Bulilango Hunggia” atau “Pemberi Cahaya Negeri”.

Untuk meningkatkan produktivitas lahan yang bertujuan untuk kedaulatan pangan, Mantan Menteri Perdagangan di era Kabinet Kerja ini membangun pusat inovasi agrobisnis di Gorontalo.

Pusat inovasi yang pertama dibangun adalah program Demplot PT Rajatani Agro Nusantara yang dipimpin Anne Sri Arti. Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani.

Demplot ini bertujuan memperlihatkan secara nyata tentang cara dan hasil penerapan teknologi pertanian yang telah terbukti menguntungkan bagi petani. Demplot yang dibangun pada April 2018 ini menjadi tempat percontohan paling membanggakan petani Gorontalo.

“Komoditas yang ditanam saat ini antara lain cabai rawit, tomat, kol dataran rendah, timun, edamame atau kedelai jepang, jagung dan padi, singkong untu k pasokan industri dan sereh wangi,” kata Anne Sri Arti di sela aktivitasnya memantau proses penyuluhan kepada petani.

Anne Sri Arti juga menjelaskan bahwa menjadikan masyarakat desa bangga sebagai petani adalah program dari pengusaha Rachmat Gobel untuk membangun pertanian di Gorontalo dengan mimpi besarnya yaitu menjadikan Gorontalo daerah berkedaulatan pangan dan menjadi lumbung pangan untuk Indonesia Timur.

Sebelumnya, lahan yang dijadikan proyek pertama Demplot oleh Rachmat Gobel ini disebut masyarakat sebagai lahan "kutukan" , dikarenakan lahan tersebut tidak bisa digunakan untuk bertani. Menurut masyarakat setempat, jika dipaksakan untuk bercocok tanam, bisa dipastikan gagal.

Apalagi dengan agroklimat yang sangat luar biasa panas, pertanian Gorontalo membutuhkan penanganan dan pengamatan yang extra. “Ada lelucon di kalangan masyarakat bahwa di Gorontalo hanya ada dua musim yaitu musim panas dan musim panas sekali,” ungkap Anne.

Awal nya pihaknya berpikir hal itu hanya candaan tapi setelah menetap dan membina petani di Gorontalo, ternyata memang benar adanya dengan cuaca panas capai 45 derajat. Karena itu harus banyak siasat dan strategi menghadapi suhu ekstrim yang mengakibatkan banyaknya semak belukar dan membuat hama penyakit cepat berkembang biak.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Sanusi Ikuti kami di Sebentar Lagi Menikah, Mahasiswi di Bone Diculik Mantan Pacar, Begini Kronologinya Sumber: Berita Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »