GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Azuraa Sulap Sulam Karawo Asli Gorontalo Jadi Busana Ready To ...

Azuraa Sulap Sulam Karawo Asli Gorontalo Jadi Busana Ready To ...

JawaPos.com - Masyarakat umumnya mengenal kain tenun, batik dan songket dari berbagai daerah. Jika berkunjung ke Gorontalo, terdapat satu kain dengan teknik sulam y…

Azuraa Sulap Sulam Karawo Asli Gorontalo Jadi Busana Ready To ...

JawaPos.com - Masyarakat umumnya mengenal kain tenun, batik dan songket dari berbagai daerah. Jika berkunjung ke Gorontalo, terdapat satu kain dengan teknik sulam yang menjadi ciri khas, namanya sulam karawo. Kain ini ternyata lebih indah saat disulap menjadi busana sehari-hari atau Ready to Wear.

Sulam karawo hadir di acara Symphony Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Jakarta Selatan yang diadakan di Sheraton Grand Ballroom, Gandaria City, Jakarta, Kamis, (29/8). Sulam ini dikemas dalam desain Ready to Wear di bawah brand Azuraa Indonesia.

Founder Azuraa, Yurita Puji dan Nunu Datau mengatakan bahwa Azuraa sudah dirintis selama 1 tahun dengan mengedepankan kain budaya Indonesia yang harganya bersaing di pasar.

Azuraa Sulap Sulam Karawo Asli Gorontalo Jadi Busana Ready To Wear
Koleksi sulam Karawo karya Azuraa Indonesia dalam acara Symphony Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Jakarta Selatan. (dok.Azuraa)

"Desain itu bisa rumit dan memukau tapi target pasar itu yang utama. Harga produksi untuk pakaian dengan desain rumit tentunya tinggi. Pertanyaan berikutnya adalah daya beli masyarakat saat ini dan persaingan yang sangat ketat harus diperhitungan dalam mende sain suatu produk terkecuali jika memang tujuannya untuk unjuk gigi dalam mendesain," ujar Yurita dalam keterangan tertulis, Jumat (31/8).

Sebelumnya Yurita dan Nunu Datau telah menampilkan karya dari kain karawo Gorontalo di Indonesia Fashion Week 2018 lalu. Yurita juga mengembangkan bahan heritage dari daerah lainnya dengan desain ready to wear.

Dalam acara ini, Azuraa Indonesia menampilkan sulam karawo dalam 4 look ready to wear, 3 atasan dan 1 dress. Sulam karawo yang ditampilkan dalam acara itu adalah hasil asli dari para perajin di daerah Gorontalo.

Yurita sendiri sudah pernah mempromosikan sulam karawo di New York Couture Fashion Week dan membuka Gallery Karawo di Gorontalo berkolaborasi dengan Fahmi Manorafa yang memang tinggal di Gorontalo.

(ika/JPC)

Sumber: Berita Gorontalo

No comments