Begini Rasanya Berenang dengan Hiu Paus di Perairan Gorontalo | Liputan 24 Gorontalo
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Begini Rasanya Berenang dengan Hiu Paus di Perairan Gorontalo

Posted by On 6:29 AM

Begini Rasanya Berenang dengan Hiu Paus di Perairan Gorontalo

Foto: Shutterstock Beberapa tahun belakangan kemunculan hiu paus (rhincodon typus) di perairan Gorontalo menjadi magnet wisata provinsi di Sulawesi ini. Apalagi, untuk menemuinya terbilang gampang.
Pantai tempat kita bisa bertemu dengan ikan berukuran besar ini berada di desa Botubarani, yang dapat dicapai hanya setengah jam menggunakan mobil dari pusat kota Gorontalo. Menuju ke sana, belum-belum mata kita dimanjakan pemandangan pesisir pantai dengan deretan pohon kelapa. Plang bertuliskan Wisata Hiu Paus yang berada di pinggir jalan tidak berukuran besar, menjadi penanda kita sudah sampai tujuan.
Wisata hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango ini dikelola oleh masyarakat setempat sejak tahun 2016. Cukup membayar Rp75 ribu, kita akan diantar menggunakan perahu katingt ing, sebutan untuk perahu bercadik, maksimal 3 orang penumpang dan satu tukang perahu, untuk bertemu dengan ikan hiu paus.
Perahu ini tidak menggunakan motor, hanya didayung. Tak sampai 20 meter dari bibir pantai, perahu berhenti dan disangkutkan dengan tali. Di sini wisatawan bisa mulai berenang ke air atau menunggu di atas perahu. Wisatawan yang ber-scuba diving tinggal jalan dari bibir pantai. Yang ingin snorkeling juga sebetulnya bisa berjalan dari bibir pantai dan berenang, namun menggunakan perahu, akan lebih aman.
Saking dekatnya, petugas di menara pengawas di tepi pantai bisa memantau dengan jelas kemunculan hiu paus dan gerak-gerik wisatawan di perahu.
Untuk memancing hiu paus tukang perahu mengetuk-ketuk perahu menggunakan dayung. Sayang, berlawanan dengan Pedoman Wisata Hiu Paus Kawasan Konservasi Perairan (KKP) 2014, yang tidak memperkenankan memberi makan hiu paus, tukang perahu justru memberi udang dan ikan-ikan kecil untuk memikat hiu paus agar mendekat.

Nuri Fajriati

Topic

#travel, #gorontalo, #diving, #wisataair MORE ARTICLE Mencoba Comfort Food Khas Vietnam di Yeu Saigon Delight Mencoba Comfort Food Khas Vietnam di Yeu Saigon Delight 8 Destinasi Wajib Kunjung untuk Anda Pencinta Kuliner (Part 2) 8 Destinasi Wajib Kunjung untuk Anda Pencinta Kuliner (Part 2)Sumber: Berita Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »