Teror Eceng Gondok di Danau Limboto | Liputan 24 Gorontalo
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Teror Eceng Gondok di Danau Limboto

Posted by On 1:05 AM

Teror Eceng Gondok di Danau Limboto

Liputan6.com, Gorontalo - Masalah eceng gondok di Danau Limboto, Gorontalo, belum kunjung tuntas. Eceng gondong terus meluas hingga menutupi sebagian besar wilayah Danau Limboto.

Pantauan Liputan6.com awal Mei lalu, sebagian besar permukaan danau tertutup eceng gondok. Tanaman yang tumbuh liar itu betul-betul merusak pemandangan danau.

Proyek revitalisasi Danau Limboto masih berlangsung. Sejumlah alat berat terlihat beroperasi untuk menggali wilayah danau yang sudah dangkal.

"Kondisi danau ini menyedihkan sekarang. Kata orang tua, dahulu danau ini sangat luas. Dalamnya sampai 30 meter, sekarang paling tinggal tiga meter. Belum lagi dengan eceng gondok ini. Pemandangan danau jadi jelek,” kata Rivandi Noho (34).

Mengutip Global Invasive Species Database, eceng gondok bisa meningkatkan penguapan air dan menurunkan jumlah cahaya dalam perairan yang menyebabkan rendahny a kadar kelarutan oksigen. Hal ini berpengaruh pada berlangsungnya kehidupan mahluk yang ada di dalam air.

Selain itu, ledakan populasi eceng gondok juga bisa mengganggu transportasi air seperti perahu nelayan yang hendak mencari ikan.

"Eceng gondok ini sangat mengganggu saat kami mencari ikan, sesekali perahu kami tersangkut di ceng gondok yang sudah mati, apalagi ketika perahu kami terjebak di antara ceng gondok itu yang paling susah," kata Haris Jafar, seorang nelayan.

  • Pesona Pagi Burung Migran Membius 2 Bocah Sekawan di Danau Limboto
  • Ikan-Ikan Primadona Danau Limboto Makin Sulit Ditangkap
  • Festival untuk Selamatkan Danau Limboto

Selain itu ada masalah lain. Seiring berkuranya populasi, ikan masyarakat mulai membangun tambak masing-masing yang menjadikan danau limboto sudah tidak tertata rapi, banyak di temui tambak dan pondok-pondok kecil di tengah danau.

Pemerintah daerah Gorontalo mengajak s eluruh masyarakat berpartisipasi membersihkan eceng gondok di Danau Limboto.

"Kalau sudah masuk kawasan nasional, maka program dari beberapa kementerian dan lembaga akan terintegrasi, sehingga kami optimistis Danau Limboto bisa terselamatkan terutama dari eceng gondok yang di perkirakan sudah 70 persen menutupi danau," tuturnya.

Idris menambahkan perputaran ekonomi Danau Limboto sangat besar. "Maka ketika danau Limboto terselamatkan dan kembali bersih saya yakin dan percaya petumbuhan ekonomi mulai dari nelayan hingga parwisata akan tumbuh dengan cara signifikan,” tandasya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sumber: Google News | Liputan 24 Limboto

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »