Satrad 224, Kawal NKRI dari Sisi Utara | Liputan 24 Gorontalo
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Satrad 224, Kawal NKRI dari Sisi Utara

Posted by On 1:05 AM

Satrad 224, Kawal NKRI dari Sisi Utara

GORONTALO, Hargo.co.id â€" Keberadaan Satuan Radar (Satrad) 224 Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) sangat penting dan strategis dalam rangka pengamanan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Alasannya, merupakan pintu masuk wilayah utara yang berbatasan langsung dengan wilayah negara tetangga.

Hal itu terungkap saat kunjungan kerja Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Komando Sektor
(Pangkosekhanudnas) II Makassar, Marsekal Pertama TNI, Andi Heru Wahyudi, di Satrad 224 Kwandang, Gorut, kemarin, Jumat (25/5).

Andi menegaskan bahwa sebagai pejabat baru harus turun langsung untuk melihat kondisi jajarannya, termasuk Satradar 224 Kwandang. Seperti diketahui, Satrad 224 Kwandang merupakan lokasi perdana kunjungan kerjanya.

“Untuk Satradar 224 Kwandang yang paling bagus dan strategis selain yang ada di Kalimantan, Tarakan, Balikpapan dan Jawa sert a Kupang,” ungkap pria yang baru sebulan menjabat Pangkosekhanudnas II Makassar ini.

Ditambahkan Andi bahwa jangkauan radar yang ada di Satrad 224 Kwandang mencakup hingga utara Sulawesi dan seluruh kepulauan di wilayah Sulawesi. “Dari pengoperasian selama ini, radar yang dimiliki oleh Satradar 224 Kwandang dapat menjangkau hingga 170-200 Nautical Mile (nm),” ujarnya.

Peran dari Satradar 224 Kwandang juga sangat penting karena posisinya berada di pintu masuk wilayah utara yang berbatasan langsung negara tetangga dan juga dalam pengamanan wilayah udara.

“Maka untuk pengamanan dan wilayah jangkauannya terus ditingkatkan. Kedepan juga untuk peningkatan peralatan terus dilakukan termasuk mengupgrade sistem yang ada,” tegasnya.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Pangkosekhanudnas II Makasar turut didampingi oleh Ketua IKKT PWA Cabang 03 Kosekhanudnas II, Asisten Logistik (Aslog) Kolonel Teknik Sufran Bobihu, Asisten Komunikasi dan Elektronika (A skomlek), Kolonel Teknik Supriadi dan Komandan Satradar 224 Kwandang, Mayor Lek Syafrullah Hasan.

Pangkosekhanudnas II Makasar tersebut juga meninjau langsung kompleks pemukiman personel Satradar 224 Kwandang yang ada di Desa Jembatan Merah Kecamatan Tomiloto kemudian bertatap mula dengan seluruh personelnya serta meninjau kantor dan site radar AURI 224 Kwandang di wilayah Kecamatan Tomilito.(abk)

Sumber: Google News | Liputan 24 Kwandang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »