94 Jenis Unggas Hidup di Danau Limboto: Begini Penjelasan ... | Liputan 24 Gorontalo
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

94 Jenis Unggas Hidup di Danau Limboto: Begini Penjelasan ...

Posted by On 1:06 AM

94 Jenis Unggas Hidup di Danau Limboto: Begini Penjelasan ...

94 Jenis Unggas Hidup di Danau Limboto: Begini Penjelasan Ilmiahnya

Walaupun luasnya hanya 3000 hektare, Danau Limboto di Gorontalo menjadi rumah bagi 94 jenis burung.

94 Jenis Unggas Hidup di Danau Limboto: Begini Penjelasan IlmiahnyaKompas.comUnggas di danau Limboto

TRIBUNMANADO.CO.ID, GORONTALO â€" Walaupun luasnya hanya 3000 hektare, Danau Limboto di Gorontalo menjadi rumah bagi 94 jenis burung.

“Ini hal yang unik, danau yang relatif kecil namun menjadi habitat hampir 100 jenis burung,” kata Hanom Bashari, Protected Area Specialist, Enhancing the Protected Area System in Sulawesi for Biodiversity Conservation (E-PASS) Bogani Nani Wartabone, Jumat (18/5/2018).

Hanom menjelaskan bahwa Danau Limboto merupakan satu dari dua danau endapan di Sulawesi yang kaya akan substrat organik sehingga menunjang banyak kehidupan satwa dan tumbuhan.

Jenis burung yang hidup di danau ini tidak semuanya jenis burung air, namun juga burung terestrial yang biasa hidup di hutan.

Dari 94 jenis tersebut, Hanom mengungkapkan bahwa 65 persen adalah burung penetap, sisanya masuk dalam kategori pengunjung atau burung migran.

“Burung yang bermigrasi datang dari belahan bumi utara maupun selatan ke wilayah tropis, termasuk Sulawesi.

Burung-burung ini ada yang hanya singgah mencari makan lalu pulang, sebagian menetap sementara waktu karena melimpahnya makanan,” ungkapnya.

Dari 94 spesies, 87 spesies tercatat dalam Status Konservasi International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) sebagai “Berisiko rendah” atau least concern. Sisanya berstatus "Hampir terancam" atau near threatened.

Gagang Bay am Timur, Idola Wisata Danau Limboto

Burung gagang bayam timur (Himantopus leucocephalus) menjadi idola wisata alam Danau Limboto.

Halaman selanjutnya 12
Editor: Lodie_Tombeg Sumber: Kompas.com Ikuti kami di Diduga Dianiya dan Disuruh Tidur di Luar Kamar, Bocah 2 Tahun Menangis Panggil Ibu, Videonya Viral Sumber: Google News | Liputan 24 Limboto

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »