Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Gorontalo

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tidak Biasa, Ratusan Ibis Terbang di Atas Danau Limboto, Gorontalo

Posted by On 8:33 PM

Tidak Biasa, Ratusan Ibis Terbang di Atas Danau Limboto, Gorontalo

Gorontalo

Tidak Biasa, Ratusan Ibis Terbang di Atas Danau Limboto, Gorontalo

#GORONTALO - Ibis rokoroko menyukai ikan, katak, reptil, dan binatang tak bertulang belakang.

Tidak Biasa, Ratusan Ibis Terbang di Atas Danau Limboto, GorontaloKOMPAS.com/ROSYID AZHARIbis rokoroko yang terbang di atas Danau Limboto.

SURYAMALANG.COM, GORONTALO - Ratusan ekor ibis rokoroko (Plegadis falcinellus) terlihat berkerumun mencari makan di persawahan yang digenangi air di pinggir Danau Limboto, Gorontalo.

Jumlah ini merupakan penampakan terbesar jenis burung yang memiliki warna gelap di seluruh tubuhnya hingga paruh dan k aki ini.

“Jumlah sangat banyak, tidak biasanya mengelompok dalam jumlah yang besar,” kata Danny Albert Rogi, penggiat lingkungan dari Perkumpulan Biodiversitas Gorontalo (Biota), Senin (26/3/2018).

Pengamatan burung di Danau Limboto selama ini mencatat jumlah ibis rokoroko sekitar puluhan, tidak lebih dari 60 ekor dalam satu kerumunan.

Burung ini merupakan jenis migran di danau, dan hanya waktu tertentu mengunjungi wilayah perairan.

Burung ini biasa dijumpai di rawa, sawah, pinggiran danau, dan padang rumput yang tergenang air.

Mereka sering ditemukan dalam kelompok kecil yang sibuk menyelupkan paruh panjangnya di air atau lumpur dan bergerak maju.

Sebagai burung air, ibis rokoroko menyukai ikan, katak, reptil, dan binatang tak bertulang belakang, yang merupakan makanan favoritnya.

Mereka mencari makan dengan mengandalkan kepekaan ujung paruh dalam mendeteksi mangsanya. Yang menarik, burung ini juga suka berada dalam sekumpulan ku ntul sehingga warna keduanya sangat kontras, yaitu hitam dan putih.

“Ini catatan penting pada Maret tahun ini karena jumlahnya meningkat dari hasil pengamatan pada tahun-tahun sebelumnya,” ujar Danny Rogi.

Untuk diketahui, ibis rokoroko adalah burung yang dilindungi sesuai Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

PETA DANAU LIMBOTO, GORONTALO

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Danau Limboto, Ratusan Burung Ibis Rokoroko Terlihat Mencari Makan", https://regional.kompas.com/read/2018/03/26/18310521/di-danau-limboto-ratusan-burung-ibis-rokoroko-terlihat-mencari-makan.

Editor: yuli Ikuti kami di Hampir Tak Tersorot Media, Kabar Duka Datang dari Artis Mantan Kekasih Donna Agnesia Sumber: Google News | Liputan 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »