Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Gorontalo

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tanjung Keramat, Wisata Alam di Gorontalo yang Nyaris Terlupakan

Posted by On 11:37 AM

Tanjung Keramat, Wisata Alam di Gorontalo yang Nyaris Terlupakan

Liputan6.com, Gorontalo - Tanjung Keramat, didengar dari namanya pasti banyak yang berpikir bahwa hal ini bisa dihubung-hubungkan dengan mistis atau gaib. Namun, nama Tanjung Keramat tidak seperti itu. Sebab, Tanjung Keramat di Gorontalo ini memiliki pesona alam pinggir laut yang sungguh eksotik.

Tanjung Keramat adalah sebuah kelurahan yang terletak di ujung Kota Gorontalo, berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo. Tanjung Keramat bisa menjadi pilihan yang tepat yang menawarkan keindahan alam saat matahari terbenam ataupun suasana pagi hari.

  • Terungkap Penyebab Menghitamnya Perairan Tanjungpinang
  • 3 Latar Swafoto Rabbit Town Bandung Dinilai Jiplak Karya Seniman Asing
  • Kisah Bayi Temuan di Teras Rumah Jadi Rebutan Warga

Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, tempat ini bisa menjadi primadona destinasi wisata K ota Gorontalo. Tanjung Keramat bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

Dengan jarak tempuh sekitar 20-30 menit, pengunjung dapat mencapai sebuah tempat yang indah dengan pemandangan alam terbuka dan memesona untuk menikmati indahnya tanjung di ujung Kota Gorontalo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Nusa Tenggara Barat memiliki sejumlah destinasi wisata alam dan bahari yang memesona. Eksotisme pantai dan laut yang berair biru nan jernih siap memanjakan mata wisatawan.

1 dari 3 halaman

Lukisan Alam Memesona

Wisata Gorontalo
Tanjung Keramat di ujung Kota Gorontalo, bisa menjadi pilihan yang tepat yang menawarkan keindahan alam saat matahari terbenam ataupun suasana pagi hari. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Tanpa disadari, daerah tersebut menyimpan lukisan alam memesona yang begitu indah dipandang mata dan tak banyak dijumpai di daerah lain. Tanpa rencana, ketika melewati kawasan Desa Tanjung Keramat, pelancong dapat melihat pemandangan indah. Para penggemar fotografi tentu tak akan melewatkannya.

Namun, lokasi tersebut seakan tidak terawat dan seakan kurang mendapatkan perhatian. Padahal, potensi wisata di Tanjung Kermat sayang untuk diabaikan.

Adapun sebagian besar warga Kampung Tanjung Keramat bermata pencarian sebagai nelayan. Sedangkan sisanya adalah pegawai negeri sipil.

Jalanan di daerah ini berkelok-kelok. Para pengendara pun diimbau untuk berhati-hati dan menjaga konsentrasi saat mengemudi.

"Saya bangga dengan keindahan panorama alam Tanjung Keramat ini. Namun, sayangnya sering dilupakan pemerintah," ucap Jesica Widya, salah seorang wisatawan dari Sulawesi Utara.

2 dari 3 halaman

Surga Wisata yang Menjanjikan

Wi   sata Gorontalo
Tanjung Keramat di ujung Kota Gorontalo, bisa menjadi pilihan yang tepat yang menawarkan keindahan alam saat matahari terbenam ataupun suasana pagi hari. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Perairan laut di Tanjung Keramat terbilang surga yang menjanjikan. Selain luas wilayahnya, arus dan ombak di Tanjung Keramat sungguh tenang dan tenteram. Laut seolah bersahabat, selalu dekat di hati warga Tanjung Keramat, membawa berkah.

Mudah untuk menjangkau ke daerah nelayan ini karena sudah ditunjang oleh jalanan yang beraspal. Kendati medan yang ditempuh itu berkelok-kelok, naik-turun dan terdapat jurang terjal.

Tanjung Keramat dahulunya tidak masuk dalam kelurahan tersendiri. Tapi, masuk dalam wilayah Kelurahan Pohe.

Karena gairah otonomi daerah, terjadi pemekaran, maka Tanjung Keramat kini berdiri sendiri menjadi sebuah kelurahan di Kecamatan Hulonthalangi. Kampung nelayan ini memiliki nama jalan, yakni Jalan Batu Jaja r.

Kampung ini berada di daratan rendah mendekap erat dengan pesisir laut. Karena itu, dari lokasi jalan utama, pengunjung harus menuruni jalan ke bawah, yang telah dipadati rumah penduduk.

Tempat yang satu ini memang banyak diminati oleh kalangan muda atau generasi milenial di Gorontalo. Nah, bagi yang ingin menikmati indahnya suasana di sore ataupun pagi hari, Tanjung Keramat adalah tempat tujuan yang tepat.

Sumber: Google News | Liputan 24 Gorontalo

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »