Duh, Lantai Jembatan Penghubung di Gorontalo Rawan Lapuk | Liputan 24 Gorontalo
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Duh, Lantai Jembatan Penghubung di Gorontalo Rawan Lapuk

Posted by On 1:07 PM

Duh, Lantai Jembatan Penghubung di Gorontalo Rawan Lapuk

Duh, Lantai Jembatan Penghubung di Gorontalo Rawan Lapuk Redaktur:

Pengendara ekstra hati-hati saat melintasi jembatan bailey Molintonggupo, Ahad (4/2). Jembatan ini hanya dibuat darurat padahal menjadi akses utama masyarakat di wilayah Kecamatan Suwawa, Bone Bolango, Gorontalo.

INDOPOS.CO.ID â€" Impian warga Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, akan hadirnya jembatan yang representatif belum kunjung terwujud. Janji pembangunan jembatan yang menghubungkan Suwawa Selatan dan Suwawa Tengah itu senantiasa bergulir. Namun kenyataannya jembatan yang hadir hanyalah jembatan darurat.

Sebelumnya pada 2005, Pemprov Gorontalo pernah membangun je mbatan Molintogupo. Saat itu dibangun jembatan konstruksi baja dengan panjang sekitar 128 meter. Sayangnya jembatan yang berbandrol miliaran rupiah itu hanya bertahan sekitar 6 bulan. Banjir bandang yang melanda wilayah Bone Bolango pada 2006, tepatnya di daerah Suwawa Selatan, mengakibatkan jembatan Molintogupo ambruk dihantam air bah.

Untuk menopang akses sekitar 7.000 warga di Kecamatan Suwawa Selatan, Pemprov Gorontalo menempatkan jembatan darurat alias bailey. Berupa jembatan baja dengan lantai dari kayu. Sayangnya pascapemasangan jembatan darurat, pembangunan kembali jembatan Molintogupo seakan lenyap dari perhatian.

Di sisi lain, kondisi lantai jembatan yang terbuat dari kayu hanya bisa bertahan beberapa waktu saja. Pasca dibangun pada 2007, kondisi jembatan Molintogopu sudah beberapa kali tambal sulam. Papan yang rusak diganti baru. Rusak lagi, ganti ulang yang baru.

Kepala Desa Molintogupo Sahman Talawo mengatakan, hampir setiap tahun dirinya menyampaik an kondisi jembatan Molintogupo ke Pemprov Gorontalo.“Sudah berulang kali saya sampaikan tentang kondisi jembatan ini agar bisa dipatenkan atau dibuatkan jembatan permanen,” kata Sahman.

Sementara itu Plt Kadis PU Provinsi Gorontalo Iwan Mokoginta mengakui jembatan Molintogupo merupakan tanggung jawab Pemprov Gorontalo.“Benar jembatan itu kewenangan provinsi karena menghubungkan Kota Gorontalo, Suwawa, Tulabolo dan Botupingge. Kita sedang dalam proses perbaikan, satu dua hari ini Insya Allah sudah selesai,” ujar Plt Kadis PU Provinsi Gorontalo Iwan Mokoginta, Sabtu (3/2).

Kendati mengalami kerusakan yang parah karena lantai jembatan yang bolong dan papan lantai banyak yang lapuk, Iwan menyebut rangka jembatan masih cukup bagus. “Jadi hanya lantainya kami ganti, karena memang rawan lapuk. Terlebih jika terus digunakan lalu lalang kendaraan baik roda dua dan empat. Tadi sore (Sabtu,red) saya cek, tim Bina Marga bekerja keras di lokasi untuk memacu proses perbai kannya,” jelasnya. (tro/tr54/csr/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #Peristiwa&nbsp
Sumber: Google News | Liputan 24 Suwawa

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »